Statistika dan Probabilitas Berlian Arswendo. ST. MT
Nama : Eka Heriyanty
Nim : 21090115120073
Nama : Regita Berlian Agustian
Nim : 21090115120070
Nama : Della Ade Narindra Pratiwi
Nim : 21090115120020
Nama : Arton Sena Trengginas
Nim : 21090115120067
Nama : Agus saputra
Nim : 21090114140157
Nama : Mangatas Yohannes Rajagukguk
Nim : 21090114120049
Nama : Ridwan Redi Putra
Nim : 21090113120022
Nama : Angga kukuh Galih Adli
Nim : 21090113120018
Nama : Handi Fadhlillah Maulana
Nim : 21090116130068
Nama : Septyawan Bintar Saputra
Nim : 21090116130073
Statistika adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari metode yang paling efisien tentang cara‑cara pengumpulan, pengolahan, penyajian serta analisis data, penarikan kesimpulan serta pembuatan keputusan yang cukup beralasan berdasarkan data dan analisa yang dilakukan.
Data interval adalah
data yang diperoleh dengan cara pengukuran, dimana jarak antar dua titik pada
skala, sudah diketahui. Berbeda dengan skala ordinal, dimana jarak dua titik
tidak diperhatikan (seperti berapa jarak antara puas dan tidak puas, yang
sebenarnya menyangkut perasaan orang saja). Data berjenis interval termasuk
dalam kelompok data kuantitatif. Dalam ilmu statistika, data
Interval mempunyai tingkat pengukuran yang lebih tinggi daripada data nominal
maupun ordinal. Angka yang digunakan dalam data ini, selain menunjukkan urutan
juga dapat dilakukan operasi matematika
Beberapa data yang bisa dijadikan interval antara lain
adalah data berat badan, tinggi badan, nilai siswa, umur dll, tetapi bersifat
kuantitatif (dinyatakan dalam angka) contoh data:
Perhatikan contoh data hasil nilai pengerjaan tugas
Matematika dari 40 siswa berikut ini.
66 75 74 72 79 78 75 75 79 71
75 76 74 73 71 72 74 74 71 70
74 77 73 73 70 74 72 72 80 70
73 67 72 72 75 74 74 68 69 80
75 76 74 73 71 72 74 74 71 70
74 77 73 73 70 74 72 72 80 70
73 67 72 72 75 74 74 68 69 80
Dibawah ini adalah contoh data yang tidak bisa
dibuat interval kelas karna bersifat kualitattif contoh:
kondisi barang (jelek,sedang,bagus), pekerjaan(
petani,pengusaha,pedagang),tingkat kepuasan ( tidak puas, puas, sangat puas),
contoh pertama, berikut penjelasannya
Langkah-Langkah Menentukan Kelas Interval pada Tabel Distribusi Frekuensi
Langkah-langkah
1) Menentukan Range (R)
yaitu data terbesar
dikurangi dengan data terkecil.
R = Data
terbesar-Data terkecil
2) Menentukan
banyak kelas yang akan dibuat (K).
K = 1 + 3,33 log N
Dimana:
K= banyak kelas yang
akan dibuat
N= banyaknya data
3) Menentukan
panjang interval kelas (I)
I = R/K
Dimana :
I = Interval kelas
R = Range
K = Banyak kelas yang
akan dibuat
4) Menentukan panjang kelas
interval dari data dengan cara mengambil data terkecil samapai selish panjang
kelas - 1
5) Menentukan banyak lebar
kelas dengan cara, membagi ke banyaknya lebar kelas yang sudah di cari dengan
panjang kelas yang juga sudah di tentukan
Contoh
Terdapat data berat badan siswa sma 1 maju mundur
sebagai berikut
91
78
93
57
75 55
99
80
97 62
71 69
72
89
66
75 79
75
72 76
104
74
62
68
97 105
77
65
80 105
85
97
88
68
83 68
71
69 67
74
62
82
48 101
79 105
79
69
62 73
Jawab:
n= 50
1) Menentukan Range (R)
yaitu data terbesar
dikurangi dengan data terkecil.
105-55 = 50
2) Menentukan
banyak kelas yang akan dibuat (K).
K = 1 + 3,33 log N
K = 1 + 3,33 log 50
K = 1 + 5,6
K = 6,6 kemudian
bulatkan ke bawah
K = 6
Dimana:
K= banyak kelas yang
akan dibuat
N= banyaknya data
3) Menentukan
panjang interval kelas (I)
I = R/K
I = 50/6
I = 8,33
I = 9 bulatkan ke
atas
Dimana :
I = Interval kelas
R = Range
K = Banyak kelas yang
akan dibuat
4)
Mengurutkan data
91
78
93
57
75 55
99
80
97 62
71
69 72
89
66
75
79 75
72 76
104
74
62
68
97 105
77
65
80 105
85
97
88
68
83 68
71
69
67 74
62
82
55 101
79 105
79
69
62 73
5) Menentukan panjang kelas
interval dari data dengan cara mengambil data terkecil samapai selish panjang
kelas – 1
6) Menentukan banyak lebar
kelas dengan cara, membagi ke banyaknya lebar kelas yang sudah di cari dengan
panjang kelas yang juga sudah di tentukan
Urutkan data terlebih dahulu!
Panjang kelas
|
frekuensi
|
Frekuensi relatif
|
f. persen
|
55-63
|
6
|
0,12
|
12%
|
64-72
|
12
|
0,24
|
24%
|
73-81
|
15
|
0,30
|
30%
|
82-90
|
5
|
0,10
|
10%
|
91-99
|
7
|
0,14
|
14%
|
100-108
|
5
|
0,10
|
10%
|
50
|
1
|
100%
|
latihan
1) Susunlah tabel distribusi frekuensi dari distribusi
nilai ujian statistik ekonomi I dari 76 orang mahasiswa!
Raw Data:
60 50 60 75 60 55 80 60 50 90
50 65 70 80 70 40 50 60 45 45
40 45 60 70 70 80 90 80 75 60
50 45 40 50 60 80 60 60 70 40
75 70 80 70 60 50 60 70 85 85
60 50 45 50 60 70 70 80 90 85
60 80 60 50 70 60 70 60 80 60
75 60 50 50 60 65
2) Susunlah tabel distribusi frekuensi dari
distribusi tugas Matematika dari 40 siswa berikut ini.
66 75 74 72 79 78 75 75 79 71
75 76 74 73 71 72 74 74 71 70
74 77 73 73 70 74 72 72 80 70
73 67 72 72 75 74 74 68 69 80
sumber:
https://www.google.co.id/?gws_rd=cr&ei=y8sRWZOcLcrdvAT_jrTwBQ
https://stato.wordpress.com/pengertian-statistika/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar