Kamis, 25 Mei 2017

Statistika

Statistika dan Probabilitas Berlian Arswendo. ST. MT







Nama : Eka Heriyanty
Nim    : 21090115120073
Nama : Regita Berlian Agustian
Nim    : 21090115120070
Nama : Della Ade Narindra Pratiwi
Nim    : 21090115120020
Nama : Arton Sena Trengginas
Nim    : 21090115120067
Nama : Agus saputra
Nim    : 21090114140157
Nama : Mangatas Yohannes Rajagukguk
Nim    : 21090114120049
Nama : Ridwan Redi Putra
Nim    : 21090113120022
Nama : Angga kukuh Galih Adli
Nim    : 21090113120018
Nama : Handi Fadhlillah Maulana
Nim    : 21090116130068
Nama : Septyawan Bintar Saputra
Nim    : 21090116130073




Statistika adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari metode yang paling efisien tentang cara‑cara pengumpulan, pengolahan, penyajian serta analisis data, penarikan kesimpulan serta pembuatan keputusan yang cukup beralasan berdasarkan data dan analisa yang dilakukan. 

Data interval adalah data yang diperoleh dengan cara pengukuran, dimana jarak antar dua titik pada skala, sudah diketahui. Berbeda dengan skala ordinal, dimana jarak dua titik tidak diperhatikan (seperti berapa jarak antara puas dan tidak puas, yang sebenarnya menyangkut perasaan orang saja). Data berjenis interval termasuk dalam kelompok data kuantitatif.  Dalam ilmu statistika, data Interval mempunyai tingkat pengukuran yang lebih tinggi daripada data nominal maupun ordinal. Angka yang digunakan dalam data ini, selain menunjukkan urutan juga dapat dilakukan operasi matematika

Beberapa data yang bisa dijadikan interval antara lain adalah data berat badan, tinggi badan, nilai siswa, umur dll, tetapi bersifat kuantitatif (dinyatakan dalam angka) contoh data:



Perhatikan contoh data hasil nilai pengerjaan tugas Matematika dari 40 siswa berikut ini.



66 75 74 72 79 78 75 75 79 71
75 76 74 73 71 72 74 74 71 70
74 77 73 73 70 74 72 72 80 70
73 67 72 72 75 74 74 68 69 80



Dibawah ini adalah contoh data yang tidak bisa dibuat interval kelas karna bersifat kualitattif contoh:

kondisi barang (jelek,sedang,bagus), pekerjaan( petani,pengusaha,pedagang),tingkat kepuasan ( tidak puas, puas, sangat puas),





contoh pertama, berikut penjelasannya


Langkah-Langkah Menentukan Kelas Interval pada Tabel Distribusi Frekuensi

Langkah-langkah

1)    Menentukan Range (R)

yaitu data terbesar dikurangi dengan data terkecil.

R = Data terbesar-Data terkecil

2)       Menentukan banyak kelas yang akan dibuat (K).

K = 1 + 3,33 log N

Dimana:

K= banyak kelas yang akan dibuat

N= banyaknya data

3)      Menentukan panjang interval kelas (I)

I = R/K

Dimana :

I = Interval kelas

R = Range

K = Banyak kelas yang akan dibuat

4)     Menentukan panjang kelas interval dari data dengan cara mengambil data terkecil samapai selish panjang kelas - 1

5)     Menentukan banyak lebar kelas dengan cara, membagi ke banyaknya lebar kelas yang sudah di cari dengan panjang kelas yang juga sudah di tentukan





Contoh

Terdapat data berat badan siswa sma 1 maju mundur sebagai berikut

91        78        93        57        75        55        99        80        97        62

71        69        72        89        66        75        79        75        72        76

104      74        62        68        97        105      77        65        80        105

85        97        88        68        83        68        71        69        67        74

62        82        48        101      79        105      79        69        62        73

Jawab:

n= 50

1)    Menentukan Range (R)

yaitu data terbesar dikurangi dengan data terkecil.

105-55 = 50

2)       Menentukan banyak kelas yang akan dibuat (K).

K = 1 + 3,33 log N

K = 1 + 3,33 log 50

K = 1 + 5,6

K = 6,6 kemudian bulatkan ke bawah

K = 6

Dimana:

K= banyak kelas yang akan dibuat

N= banyaknya data



3)      Menentukan panjang interval kelas (I)

I = R/K

I = 50/6

I = 8,33

I = 9 bulatkan ke atas

Dimana :

I = Interval kelas

R = Range

K = Banyak kelas yang akan dibuat



4)     Mengurutkan data

91        78        93        57        75        55        99        80        97        62

71        69        72        89        66        75        79        75        72        76

104      74        62        68        97        105      77        65        80        105

85        97        88        68        83        68        71        69        67        74

62        82        55        101      79        105      79        69        62        73



5)     Menentukan panjang kelas interval dari data dengan cara mengambil data terkecil samapai selish panjang kelas – 1

6)     Menentukan banyak lebar kelas dengan cara, membagi ke banyaknya lebar kelas yang sudah di cari dengan panjang kelas yang juga sudah di tentukan



Urutkan data terlebih dahulu!



Panjang kelas
frekuensi
Frekuensi relatif
f. persen
55-63
6
0,12
12%
64-72
12
0,24
24%
73-81
15
0,30
30%
82-90
5
0,10
10%
91-99
7
0,14
14%
100-108
5
0,10
10%


50

1

100%



latihan



1) Susunlah tabel distribusi frekuensi dari distribusi nilai ujian statistik ekonomi I dari 76 orang mahasiswa!

Raw Data:

60 50 60 75 60 55 80 60 50 90

50 65 70 80 70 40 50 60 45 45

40 45 60 70 70 80 90 80 75 60

50 45 40 50 60 80 60 60 70 40

75 70 80 70 60 50 60 70 85 85

60 50 45 50 60 70 70 80 90 85

60 80 60 50 70 60 70 60 80 60

75 60 50 50 60 65



2)  Susunlah tabel distribusi frekuensi dari distribusi tugas Matematika dari 40 siswa berikut ini.

66 75 74 72 79 78 75 75 79 71

75 76 74 73 71 72 74 74 71 70

74 77 73 73 70 74 72 72 80 70

73 67 72 72 75 74 74 68 69 80









sumber:
https://www.google.co.id/?gws_rd=cr&ei=y8sRWZOcLcrdvAT_jrTwBQ
https://stato.wordpress.com/pengertian-statistika/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar